Saturday 18 April 2015

Frequently Asked Question about KWKT

Frequently Asked Question about KWKT

Q : Apa itu KWKT?
A : KWKT adalah sebuah komunitas kreatif di Tasikmalaya yang anggota nya mempunyai benang merah disatukan oleh kecintaan pada kuliner Tasikmalaya. KWKT itu komunitas kreatif yang bersifat nyata dan kesehariannya beraktivitas di offline jadi bukan komunitas online.  Namun ada juga beragam aktivitas penunjangnya di dunia maya.

Q : Siapa saja anggota KWKT itu? Apakah KWKT itu himpunan dari penggiat kuliner?
A : Anggota KWKT terdiri dari para pecinta kuliner atau pun penggiat kuliner di Tasikmalaya. Jadi, tidak dikhususkan untuk para penggiat kuliner. Para penggiat kuliner jika menjadi anggota KWKT juga mengatasnamakan pribadinya masing-masing bukan atas nama usaha nya.

Q : Kategori keanggotaan KWKT seperti apakah?
A : yang disebut dengan Anggota KWKT adalah anggota resmi yang terdaftar dan mempunya ID Card KWKT. Disamping itu ada juga keluarga besar KWKT berupa member group Facebook : “wisata kuliner tasik”

Q : Persyaratan menjadi anggota KWKT apa saja kah?
A : Sebetulnya tidak ada syarat khusus. Cukup melakukan pendaftaran, punya semangat  yang sama untuk memajukan wisata kuliner di Tasikmalaya,  dan setelah mempunyai ID card diharapkan bisa aktif di kegiatan-kegiatan KWKT.

Q : Apakah daftar menjadi anggota KWKT itu berbayar?
A : Betul, nantinya akan mendapatkan merchandise KWKT seperti kaos resmi KWKT, ID Card, tas, stiker, dll yang unik dan khas setiap tahunnya. Dari paket merchandise KWKT itu ada sebagian yang  akan masuk menjadi kas KWKT.

Q : Kas KWKT itu untuk apa?
A : karena KWKT adalah komunitas non profit, maka diperlukan kas mandiri untuk membiayai kegiatan-kegiatan dan kebutuhan KWKT seperti membiayai creative project,  membiayai biaya pembayaran domain dan hosting web KWKT, dll

Q : Apa yang menjadi tujuan KWKT?
A : Tujuan KWKT bisa dilihat dari VISI KWKT yaitu : “mewujudkan Tasikmalaya sebagai kota tujuan wisata kuliner”

Q : Bagaimana caranya mencapai tujuan KWKT tersebut?
A : Pencapaian VISI bisa dilihat melalui 3 Misi KWKT yaitu :
1. Promosi Kekayaan Kuliner Tasikmalaya
2. Pembinaan UKM Kuliner melalui program partnership
3. Penggunaan Media Sosial dan IT untuk membantu pengembangan wisata kuliner Tasikmalaya

Q : Manfaat ikut KWKT apa ya?
A : Beraktifitas dan berkumpul di KWKT untuk personal nya bisa menambah wawasan, berkegiatan dengan seru, menambah silaturahim, dan bisa berkontribusi untuk Tasikmalaya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Q : Apakah jika saya penggiat kuliner kemudian ikut KWKT akan ada pengaruh signifikan menaikan omset saya?
A : Sebetulnya jika anda penggiat kuliner maka tujuan beraktivitas di KWKT bukan untuk menaikan omset. Tetapi berhimpun dan beraktivitas dengan sahabat-sahabat yang memiliki passion yang sama kecintaan pada kuliner tasik.  Tapi jika kemudian ada kenaikan omset, itu hanyalah sebuah dampak yang positif J

Q : esensi dan filosofi KWKT itu apa?
A : bagi anggota nya sendiri, beraktivitas di KWKT itu harus membuat SENANG dan BAHAGIA. Pada dasarnya beragam hal dan kegiatan yang dilakukan di KWKT itu harus bisa meningkatkan indeks kebahagiaan bagi anggotanya.  Dipersatukan oleh passion yang sama yaitu kecintaan pada kuliner Tasikmalaya. Bagi orang lain, KWKT harus menjadi komunitas yang bernilai manfaat dan bisa berkontribusi mewujudkan tasik kota kreatif

Q : Kegiatan KWKT itu apa saja?
A : Kegiatan KWKT terdiri dari 4 kategori yaitu :
1. Kegiatan rutin semisal Kopdar Rutin bulanan dan hunting JUMKUL dua mingguan di hari jumat
2. Kegiatan Insidentil semisal mengadakan acara bedah kopi, workshop penulisan kreatif, lomba fotografi kuliner, bedah kuliner sehat, radio talkshow, TV show, dll
3. Creative Project seperti pembuatan Videografi Kuliner Tasikmalaya, Pembuatan Peta Kuliner Tasikmalaya dll.
4. Project seperti Project Festival Kuliner Tasikmalaya

Q : Kegiatan KWKT itu hanya terbatas untuk member yang terdaftar sajakah?
A : Tidak, kebanyakan kegiatan KWKT itu bebas diikuti oleh semua orang baik itu member yang terdaftar, keluarga besar KWKT yang berinteraksi di media sosial, ataupun kalangan umum J

Q : KWKT menggunakan media sosial juga dan IT? Apa saja?
A : Betul, KWKT menggunakan media sosial sebagai bentuk “channeling” baik itu dengan fungsi sebagai tempat komunikasi dan koordinasi maupun untuk membantu penyampaian program-program KWKT bahkan ada juga sebagai channel memfasilitasi para penggiat kuliner untuk mempromosikan usahanya.
Channel yang dipakai KWKT sebagai berikut :
1. Facebook account : “komunitas wisata kuliner tasikmalaya”
2. Facebook Group : “wisata kuliner tasik” dan “ KWKT share”
3. Facebook Fanpage : “komunitas wisata kuliner tasikmalaya (KWKT)
3. Twitter : @wiskultasik
4. Path : KWKT @wiskultasik
5. Instagram : @wiskultasik
6. Web : www.kulinertasik.com

Q :  Group Facebook KWKT kok ada dua? Bedanya apa ya?
A : Betul ada dua. Group “wisata kuliner tasik” itu peruntukannya menjadi tempat berinteraksi antara para penggiat dan pecinta kuliner. Para penggiat bisa maksimal mempromosikan usahanya, para pecinta bisa dengan mudah menemukan informasi tentang kuliner. Sedangkan group “KWKT share” khusus untuk sharing beragam pengetahuan yang bermanfaat seputar kuliner, bisnis kuliner, dan wisata kuliner ataupun seputar KWKT.

Q : Apakah KWKT membuka kerjasama untuk promosi kuliner berbayar?
A : Seperti dijelaskan di awal bahwa KWKT adalah komunitas kreatif non profit. Jadi tidak pernah sekalipun menarik dana dari penggiat kuliner, promosi dibantu oleh KWKT secara gratis dan bersifat volunteer semampu KWKT.

Q : sejarah KWKT itu seperti apa bermulanya?
A : KWKT berdiri secara resmi pada tanggal 28 November 2008 bermula dari sekitar awal 2006 an ada sekumpulan pecinta kuliner yang sering berkumpul dan hunting kuliner bareng. Kemudian setiap tahunnya berkembang baik itu aktivitas maupun jumlah anggotanya. Fase yang telah dilewati oleh KWKT adalah fase perintisan, fase pemantapan, dan sekarang sedang memasuki fase pengembangan.

Q : Sekretariat KWKT itu dimana?
A : Sekretariat KWKT saat ini di jalan tarumanagara no 28 Tasikmalaya di akashaphoto, c.p. teguh nugraha atau dharmo

Q : Nomor kontak yang bisa dihubungi jika ingin berkonsultasi tentang KWKT?
A : Bisa berkirim whatsapp ke nomor WA 08886365239 .a.n teguh nugraha

KWKT, kami makan, kami senang, kami bahagia, kami bermakna bagi sesama :)

No comments:

Post a Comment